INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

10 Alasan Mengunjungi Taman Nasional Komodo Yang Megah


 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

ReyGina Wisata | Taman Nasional Komodo ialah salah satu dari 7 Keajaiban Alam Dunia dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang patut Anda kunjungi dikala berlibur ke Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Hanya berjarak 1 jam penerbangan dari Pulau Bali, Anda sudah sanggup tiba di Labuan Bajo, kota kecil dan pintu gerbang untuk menjelajahi keindahan Taman Nasional Komodo yang spektakuler. Kota yang indah ini dipenuhi dengan hotel dan biro perjalanan kecil dimana Anda sanggup membeli paket wisata untuk Mengunjungi Taman Nasional Komodo Yang Megah. 

BACA JUGA : Jelajahi Taman Laut Teluk Weda di Halmahera

Terletak diantara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia terdapat Taman Nasional Komodo yang megah dan mengesankan yang pada tahun 1986 dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan Cagar Biosfer Manusia UNESCO. Taman ini meliputi 29 pulau vulkanik (termasuk tiga pulau besar yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar dan Pulau Komodo). Tempat ini merupakan rumah bagi sekitar 2.500 ekor komodo dragons dan fauna terestrial lainnya menyerupai banyak sekali jenis reptil, burung dan mamalia lainya. 

Taman Nasional Komodo juga sangat unik dan beragam, terdiri dari lereng bukit pegunungan, hutan hujan tropis, hutan padang rumput dan pantai pasir putih murni yang mempunyai keanekaragaman kekayaan hayati maritim yang menakjubkan. 

Lingkungan maritim di Taman Nasional Komodo ialah salah satu tumbuhan dan fauna terkaya di dunia dan masih relatif belum ditemukan. Taman seluas 2.000 kilometer persegi meliputi lahan lindung dan air diakui sebagai daerah prioritas konservasi global yang mempunyai serangkaian tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi.

Bagi Anda yang untuk pertama kalinya tiba ke Taman Nasional Komodo yang indah ini, Berikut 10 Alasan Mengunjungi Taman Nasional Komodo yang kami lansir dari laman indonesia.travel.

1. Komodo Dragon


 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Komodo Dragon sanggup tumbuh hingga 3 meter dengan berat sanggup mencapai 70 kilogram. Komodo Dragon atau yang dikenal dengan "Varanus Komodoensis" ialah reptil terbesar di dunia yang diidentifikasi dengan ukuran besar, kepala datar, kaki tertunduk, ekor panjang tebal dan pengecap berbentuk garpu. Komodo sanggup berlari dan berenang hingga 20 kilometer per jam serta mempunyai penglihatan yang sangat baik dimana ia sanggup melihat objek dari jarak sekitar 300 meter.

Hewan Komodo merupakan pemangsa yang ganas, reptil ini ialah karnivora dan sanggup memakan 80% dari berat badannya dalam satu kali makan menyerupai kerbau, rusa, babi dan bahkan manusia. Ia mempunyai cara membunuh yang unik dengan menggigit mangsanya. Seperti memangsa seekor kerbau besar, Ia mengelilinginya dalam sebuah kelompok kemudian menunggu dengan sabar hingga racun dalam air liurnya perlahan-lahan membunuh korbannya. Setelah benar-benar hancur, ia akan memakanya hingga ketulang-tulangnya. Jika mangsanya lolos sehabis di gigit, biasanya akan mati dalam waktu 24 jam alasannya ialah keracunan darah yang berasal dari air liur komodo yang sangat beracun.

Komodo Dragon hanya sanggup ditemukan di Taman Nasional Komodo dan Pulau Flores dan sekitarnya. Mahluk prasejarah ini merupakan primadona Taman Nasional Komodo. Meskipun sangat luar biasa untuk dilihat, Namun Anda harus berhati-hati dan menjaga jarak dari binatang ini. Selalu didampingi pemandu dan ikuti semua intruksi ketika berada di dekat Kadal Raksasa ini walaupun mereka mungkin terlihat jinak.

2. Iklim dan Geografi

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Iklim di Taman Nasional Komodo ialah salah satu yang paling kering di Indonesia. Taman Nasional ini setidaknya tidak mengalami turun hujan selama sekitar 8 bulan dalam setahun dan sangat dipengaruhi oleh hujan animo hujan. Suhu harian selama animo kemarau antara bulan Mei hingga Oktober rata-rata mencapai 40 derajad. Karena iklimnya yang kering, tanah bernafsu dengan bukit berbatu dan spesies tumbuhan terbatas pada rumput, semak, anggrek dan pohon. 

Sebaliknya, wilayah maritim mempunyai lanskap yang kaya dan penuh warna. Taman Nasional Komodo berada di dalam Segitiga Karang Asia Pasipik yang penuh dengan banyak sekali padang lamun, aneka terumbu karang warna-warni dan hutan bakau yang lebat.

3. Aneka Flora dan Fauna

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Selain habitat orisinil Komodo Dragon yang sangat luar biasa, Taman Nasional Komodo juga merupakan habitat mahluk darat dan maritim lainnya. Di sini Anda sanggup menyaksikan hewan-hewan yang menarik berkeliaran bebas di alam terbuka.

Hewan darat yang sanggup Anda temukan disini selain penuh dengan keanekaragaman reptil, mamalia dan burung juga terdapat 12 spesies ular , 9 spesies kadal, banyak sekali katak, rusa Timor (mangsa utama Komodo), kuda, kerbau, babi hutan, tikus Rinca endemik, kelelawar buah, orange bermata semak-semak dan lebih dari 40 spesies burung.

Begitu juga dengan fauna lautnya yang sangat beragam. Perairan Taman Nasional Komodo mempunyai 1.000 spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis ikan paus, duyung, penyu hijau, banyak sekali jenis hiu, pari manta besar, ikan pari, reptil maritim dan krustasea atau jikalau Anda beruntung sanggup menyaksikan paus bermigrasi.

4. Situs Diving yang menakjubkan

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Taman Nasional Komodo terletak startegis di jantung Segitiga Karang Asia Pasifik dan salah satu rumah bagi lingkungan maritim terkaya di dunia. Penyelam, ilmuwan dan fotografer dari seluruh dunia datan ke taman nasional ini untuk menyelami keanekaragaman hayati yang menakjubkan yang sanggup ditemukan di salah satu dari banyak tempat menyelam. Pulau-pulau besar menyerupai Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Padar beserta pulau-pulau kecil yang meneglilinginya membuat setidaknya 100 situs menyelam kelas dunia.

Daerah ini populer akan arusnya yang ganas, riptides dan pusaran air yang banyak membawa nutrisi dari kedalaman Samudera Hindia untuk membuat kondisi ideal bagi ribuan spesies ikan tropis dan karang untuk terus berkembang.

Lokasi penyelaman di Taman Nasional Komdo cukup bervariasi. Mulai dari penyelaman air biru yang menantang dengan kemungkinan melihat pari manta, hiu dan dugong hingga penyelaman rendah dimana penyelam sanggup menemukan pantai inverterba yang lebih dekat.  

Menyelam di Taman Nasional Komodo akan membawa Anda ke jantung lingkungan maritim paling dinamis di dunia.

Karena disini mempunyai arus yang cukup berpengaruh yang sanggup membawa Anda eksklusif menuju Samudera Hindia serta keberadaan mamalia maritim besar, Pengunjung sangat disarankan untuk melibatkan operator selam yang terkemuka dan berpengalaman untuk menghindari mereka yang tidak mempunyai langkah-langkah keamanan dasar.

5. Mendaki Pulau Padar

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Alasan selanjutnya Mengunjungi Taman Nasional Komodo ialah menyaksikan pemandangan yang sangat indah di Pulau Padar tidak ada duanya. Pulau Padar ialah tempat yang tepat untuk pendakian yang indah dan foto yang spektakuler. Saat Anda mendaki ke salah satu dari banyak bukit berumput, Anda akan terpukau dengan warna hijau, putih dan biru yang anggun disekitarnya. 

Lokasi strategis dari puncak tertinggi akan memberi Anda pemandangan yang menakjubkan dari empat pantai berkilauan berbentuk bulan sabit dan banyak sekali foto untuk membuat keluarga dan teman-teman Anda iri melihatnya. Perjalanan mendaki ke puncak gunung ini akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Bersiaplah dengan membawa sepatu, pakaian, air dan tabir surya yang nyaman alasannya ialah sinar matahari sanggup menjadi sangat terik di tempat ini.

BACA JUGA : Pulau Bidadari, Keindahan Eksotis Buat Liburan Akhir Pekan

6. Pink Beach di Pulau Komodo

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Waktunya berenang, Singgahlah di Pantai Pink yang indah dengan air biru jernih yang menakjubkan. Dimana walaupun tanpa berenang, Anda sanggup melihat karang. Pantai Pink itu menyerupai mimpi. Tidak ada orang lain disana, Anda sanggup bersenang-senang berenang, menikmati pantai yang hening alami dengan pasir merah muda yang nyata! 

Terintregrasi dengan karang merah yang berkombinasi dengan pantai pasir putih yang alamin, pantai yang unik dan menawan ini dikenal dengan sebutan Pantai Merah atau Pink Beach.  Pantai ini ialah salah satu dari 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna pink. Dengan pemandangan perbukitan hijau yang asri, perairan pirus murni serta pantai pasir pink yang bercahaya ditambah dengan langit biru niscaya akan membuat Abda terkagum-kagum berada di tempat yang indah bagai nirwana ini.

Selain mempunyai panorama pantai yang cantik, Pink Beach juga memperlihatkan beberapa tempat snorkeling dan diving yang spektakuler. Lanskap maritim yang murni dihiasi dengan banyak sekali biota maritim menimbulkan taman bawah maritim menjadi rumah bagi ratusan spesies karang lunak dan keras dan karang yang ramai dengan banyak sekali spesies fauna laut.

Karena Pulau Komodo masih dihuni oleh Hewan Komodo, Pengunjung harus berhati-hati di pantai dan di dalam air. Sangat disarankan untuk tiba kesini dengan pemandu resmi.

7. Desa Tradisional di Pulau Mesa

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Pulau Mesa ialah tujuan yang tepat bagi wisatawan untuk mendapat sekilas kehidupan tradisional yang dihuni oleh Suku Bajau yang dikenal dengan petualang maritim yang luar biasa. Desa nelayan yang hening dan santai ini mempunyai populasi sekitar 1.500 penduduk dan wisatawan sanggup menyaksikan penduduk setempat dalam kiprah sehari-hari mereka menyerupai pengeringan mentimun, pengolahan ikan kerang dan menyiapkan banyak sekali makanan laut. 

Penduduk Pulau Mesa sangat ramah dan erat dan belum dewasa sering berdatangan untuk menyambut wajah-wajah gres yang datang. Selain itu wisatawan juga sanggup melihat rumah-rumah panggung tradisional yang menawan yang melayang diatas pasir dan garis pantai.  

8. Snorkeling di Pulau Kanawa


 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Singgahlah ke Pulau Kanawa untuk bersantai, berenang dan menikmati spot snorkeling yang luar biasa. Dengan airnya yang higienis dan jernih Anda sanggup menyaksikan kehidupan bawah maritim yang subur dari permukaan. Snokelers sanggup memulai pertualangan bawah maritim eksklusif dari dermaga alasannya ialah maritim sangat hening dan gelombang berpengaruh dilindungi oleh terumbu karang disekitarnya. Bersiaplah untuk terpesona oleh sekumpulan ikan tropis warna-warni, koral mistis dan fauna maritim unik lainya menyerupai sinar menyengat, lumba-lumba dan juga kura-kura langka.

Pulau ini mempunyai penerimaan signal telephone dan internet yang lemah dan transaksi di pulau ini secara ketat menurut uang tunai. Wisatawan yang tiba ke pulau ini didorong untuk membawa uang tunai yang cukup untuk menutup semua pengeluaran yang diperlukan.

9. Sunset di Pulau Kalong

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Nama pulau ini cukup unik, Pulau Kalong berasal dari bahasa lokal kelelawar (rubah terbang raksasa). Kelelawar merupakan daya tarik dari pulau ini yang sanggup membuat tontonan ,atahari karam (sunset) sangat memikat tidak menyerupai di tempat lainnya. 

Saat hari menjelang senja, para wisatawan diundang untuk menyaksikan ribuan kelelawar yang bermigrasi dari pulau dengan latar belakang matahari karam yang sangat menakjubkan. Suara bergemuruh dari bunyi kelelawar dikala mereka melarikan diri dari hutan bakau dan melayang di matahari karam akan meninggalkan kenangan infinit yang tak gampang Anda lupakan selama hidup Anda.

10. Komodo di Pulau Rinca

 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH 10 ALASAN MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL KOMODO YANG MEGAH

Selain di Pulau Komodo, Pulau Rinca ialah tempat yang tepat bagi Anda untuk melihat keberadaan Komodo Dragon yang eksotis. Disini, wisatawan akan diajak turun ke Dernaga Koh Kima untuk dibawa ke lokasi perkemahan Loh Buaya dimana Komodo Dragon sanggup dilihat. Sebuah perjalanan dengan melintasi hutan lebat, ladang berumput dan kubangan air yang tersebar dimana Komodo Dragon sibuk berburu mangsa. Dan jikalau Anda beruntung, Anda sanggup melihat fauna darat lainnya ditempat ini menyerupai kerbau liar, rusa timor, kuda liar dan banyak sekali jenis burung tropis.

BACA JUGA : 10 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Fakfak, Papua

Karena Komodo Dragon sifatnya cukup ganas, Wisatawan yang tiba kesini harus menyewa jasa pemandu wisata yang berpengalaman. Siapkan pakaian keren dan tabir surya alasannya ialah iklim di Pulau Rinca  sanggup sangat kering dan panas.

Hari yang benar-benar sangat panjang, tetapi itulah Alasan Mengunjungi Taman Nasional Komodo, Salah satu Destinasi Indonesia Paling Menakjubkan yang akan Anda alami dikala berkunjung ke Taman Nasional Komodo Yang Megah. Indonesia memang luar biasa! 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel