INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

20 Scuba Diving Terbaik Di Indonesia


 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

ReyGina Wisata | Jika Anda membaca ini, Anda tentu sudah tahu bahwa Scuba Diving Indonesia ialah sesuatu yang benar-benar istimewa.

Untuk para penggemar scuba, Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia. Dengan tempat-tempat terkenal yang layak untuk diselami menyerupai Bali, Kepulauan Gili atau Raja Ampat. Tetapi bagi Saya, ada banyak hal yang sanggup Anda temukan di dunia bawah maritim Indonesia.

Dari Pulau Weh di barat Indonesia hingga ke Raja Ampat di timur Indonesia, Wilayah ini mempunyai lebih dari 17.000 pulau tropis yang masing-masing terletak di Coral Triangle yaitu satu-satunya lokasi di dunia dimana terumbu karang dan kehidupan maritim benar-benar tetap baik di antara perubahan iklim yang akan memberi kesempatan terakhir kepada Anda untuk melihat menyerupai apa situs penyelaman kelas dunia.

Dibawah ini ialah 20 Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia dan Anda sanggup berkunjung di salah satu diantaranya.

Ada banyak pilihan dikala Anda ingin mencicipi menyelam di Indonesia. Jika Anda menyukai terumbu karang kelas dunia, Anda situs penyelaman untuk Anda. Jika Anda menyukai teluk yang penuh dengan bangkai kapal, Anda akan mendapatkannya juga. Sementara beberapa lokasi mempunyai semuanya,.

Setiap lokasi yang tercantum dibawah ini ialah cita-cita para fotografer bawah maritim dan terserah Anda untuk tetapkan kemana Anda akan pergi. Berdasarkan berapa waktu yang Anda miliki dan apa yang paling ingin Anda lihat, semuanya ada di sini.

Saya percaya jikalau Anda membuat perjalanan panjang ke Indonesia, Mengapa tidak menggabungkan beberapa lokasi penyelaman yang ahli untuk membuat perjalanan penyelaman terbaik Anda?

Berikut ialah 20 Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia yang beberapa diantaranya sudah sangat terkenal di dunia dan sebagian lainnya belum terkenal tetapi semuanya kelas dunia.

1. Pulau Bali

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Jika Anda berpikir ingin menyelam di Bali, maka Anda mungkin sudah mendengar bahwa Bali memperlihatkan beberapa situs penyelaman kelas dunia. Ini benar, disini Anda sanggup menemukan mahluk pelagis besar, mahluk makro langka atau hanya ingin menyelam di perairan tropis yang hangat.

Bali sangat terkenal dengan Lokasi Scuba Diving kelas dunia alasannya ialah banyak sekali alasan. Menawarkan pemandangan langka dan unik, keindahan sisi luarnya sangat menakjubkan, budaya yang sangat memukau, pantai yang masih alami dan daftarnya terus berlanjut. Dari para penyelaman berpengalaman hingga yang baru, inilah tempatnya Scuba Diving Terbaik Di Indonesia.

2. Gili Island

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Gili Island di Indonesia ialah kelompok dari tiga pulau kecil yang terletak di lepas pantai Pulau Lombok. Pulau-pulau ini terkenal alasannya ialah pantai berpasir putihnya serta terumbu karang yang indah yang mengelilingi ketiga pulau ini.

Jadi tidaklah mengherankan jikalau Scuba Diving di Gili Island ialah salah satu tempat paling terkenal untuk scuba diving Indonesia dan sangat cocok untuk semua level penyelaman.

Sementara ketiga pulau sangat luar biasa untuk scuba diving, pulau gili mempunyai lebih banyak hal yang sanggup ditawarkan. Jika Anda berencana untuk berkunjung berikut ialah tips perihal cara mendapat yang terbaik dari kunjungan Anda.

Gili Trawangan

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Tempat pertama yang patut Anda kunjungi ialah Gili Trawangan yang disebut sebagai Gili T. Pulau ini paling terkenal diantara ketiga gili dan dikenal sebagai pulau pesta. Pulau ini ialah yang paling kosmopolitan. di pulau ini banyak terdapat kafetaria pantai dan kafe dan pilihan fasilitas yang sangat beragam. Pulau ini juga baik untuk liburan romantis dan bahkan liburan keluarga. 

Gili Air

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Dari semua gili yang ada, Gili Air mungkin ialah pulau paling terkenal bagi penyelam untuk tinggal disini. Olahraga air ialah atraksi utama disini. Scuba Diving, menyelam gratis, snorkeling dan berselancar ialah pilihan terbaik berkunjung ke pulau ini. Ketika Anda tidak di dalam air, Anda sanggup mencoba yoga, bersantai di pantai atau bahkan ikut kelas memasak.

Di malam hari Anda sanggup menikmati makam malam di pasar malam Gili Air atau ambil tempat di pantai untuk menyaksikan matahari tenggelam yang indah.  

Gili Meno

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Scuba Diving Gili ialah daya tarik utama di ketiga gili yang ada tetapi Gili Meno mungkin yang paling tidak terkenal dan yang paling sepi dari kepulauan gili.

Neskipun begitu, kurangnya keramaian sering menjadikannya pilihan terkenal untuk pasangan yang ingin berbulan madu. Salah satu kelebihan dari Gili Meno ialah pasir pantainya yang jauh lebih higienis dan oleh alasannya ialah itu jauh lebih baik.

Jika Anda mencari pulau yang santai untuk liburan menyelam Anda, Gili Meno ialah tempat untuk Anda kunjungi.


Spot Terbaik Menyelam di sekitar Kepulauan Gili

Sementara masing-masing Kepulauan Gili masing-masing mempunyai pesona tersendiri, dikala tiba untuk menyelam, mereka begitu bersahabat sehingga menyebarkan tempat untuk Anda menyelam, 

Berikut ialah spot terbaik penyelaman di Kepulauan Gili

Turtle City : Tempat terbaik di Kepulauan Gili untuk kura-kura. Anda juga sanggup melihat ikan kakap, ikan buntal dan belut bersama ikan lainnya.

Meno Wall : Dinding miring yang ditutupi karang yang indah. Ini ialah spot yang bagus untuk melihat kura-kura, clownfish, snappers dan banyak lagi yang lainnya. Spot ini juga mjerupakan tempat yang bagus untuk penyelaman malam.

Bounty Wreck : Spot yang bagus untuk dijelajahi. cocok untuk penyelam air terbuka. Rangka baja telah bermetamorfosis taman karang dan menarik banyak kehidupan maritim menyerupai cumi-cumi, batfish dan jack.

Spot Hiu : Seperti spot penyelaman lainnya di Kepulauan Gili, Anda akan melihat kura-kura, dan ikan karang yang khas. Tetapi yang menjadi sorotan di spot ini ialah ikan hiu, kiat hitam dan tips putih.

Halick : Terumbu kaang yang keras dan lunak dan banyak ikan mengakibatkan tempat ini sangat terkenal bagi fotografer bawah laut 

Sunset Reef : Sebuah terumbu karang yang indah dengan karang warna-warni menyerupai karang meja yang membuat tempat bersemayan banyak spesies kehidupan laut.

Han's Reef : Lereng berpasir dengan beberapa kawasan berbatu. Carilah nudibanch , udang mantis, pipefish dan flogfish di spot ini.

Turbo : Terbagi dua menjadi Turbo Dangkal (untuk penyelam air terbuka) dan Deep Turbo (untuk penyelam tingkat lanjut) Karang besar "Bommies" dan beberapa "gorgonia" yaitu kawasan dangkal yang sangat bagus untuk mahluk kecil dan ikan karang.Sementara dibagian dalam Anda mungkin akan menemukan Hiu, Ikan Pari dan juga Ikan Tuna.

Good Heart Reef : Penyelaman drift yang lembut dengan beberapa peluang sanggup melihat ikan besar. Spot ini juga sangat bagus untuk penyelaman malam hari untuk mencari gurita, udang, lobster dan Spanish Dancers.

Biorock : Gili Trawangan mempunyai spot Biorock kedua terbesar di dunia. Struktur logam ini membantu menumbuhkan karang pada tingkat yang lebih cepat dengan pinjaman arus listrik tegangan rendah yang aman. Terumbu buatan ini banyak menarik banyak ikan menyerupai ikan boxfish, clownfish, bannerfish, cowfish dan frogfish.

Bangkai Kapal Jepang : Sangat sedikit orang yang tahu perihal kecelakaan ini. Tetapi disinilah tempat melaksanakan intro untuk teknologi. Jika Anda melaksanakan Scuba Diving di Kepulauan Gili dan ingin mencoba teknologi kapal karam, Lakukan Blue Marlin Dive, alasannya ialah mereka ialah satu-satunya yang tahu bagaimana menemukannya.
3. Raja Ampat

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Hanya para penyelam yang fanatik yang berani tiba ke Raja Ampat untuk menyelam. Karena mereka akan dihadiahi pengalaman seumur hidup dari salah satu pengalaman bawah maritim kelas dunia yang menjadi kenyataan.

Terletak di ujung barat maritim Semenanjung Kepala Burung Papua Barat, Raja Ampat ialah sebuah kepulauan yang terdiri atas lebih 1.500 pulau kecil, gua dan danau yang mengelilingi 4 pulau utama yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. 
 
Raja Ampat ialah nirwana bagi penyelam kelas dunia. Tidak ada tempat penyelamanan yang lebih indah selain di Raja Ampat. Namun berkunjung ke tempat ini membutuhkan biaya yang sangat mahal dan sangat sulit untuk dilakukan. Makara dikala Anda melakukannya, harus Anda lakukan dengan benar. 
 
 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA
 
Mari kita mulai mengapa Anda harus melaksanakan penyelaman di Raja Ampat. Anda pernah mendengar bahwa scuba diving di Raja Ampat ialah salah satu tujuan selam terbaik di dunia. Apakah Anda suka air yang hangat? pari manta, hiu, hiu paus gerombolan ikan besar, penyelaman drift dan hampir semua hal diantaranya sanggup Anda temukan disini. Raja Ampat mempunyai hampir semua yang Anda inginkan dalam penyelaman.
 
Spot Menyelam Terbaik Di Raja Ampat
 
Mioskun : Penyelaman ahli pertama yang sanggup Anda lakukan di Raja Ampat ialah di Mioskun yang terdiri dari bak karang yang berada pada kedalaman 25 meter. Tempat ini sangat tepat bagi pemula atau mereka yang berada pada tingkat menengah. Mengingat arusnya yang biasanya ringan tetapi kadang kala sanggup menjadi agak kuat. Di sini Anda sanggup menemukan banyak ikan kakap kuning di karang dan jikalau Anda menyelam sedikit jauh, Anda sanggup menemukan Hiu Wobbegong, Kuda Laut, Fusiliers, Trevallies, Kerapu, Kima Raksasa, Moray dan banyak lagi yang lainnya. 
 
Blue Magic : Salah satu yang paling terkenal di Raja Ampat ialah Blue Magic, sebuah puncak maritim yang dimulai pada kedalaman 7 meter dan turun hingga kedalaman 30 meter. Di sini Anda sanggup menemukan semua spesies ikan yang berbeda, ikan predator yang lebih besar, hiu dan pari manta dan hippocampus yang berlimpah.     

4. Misool

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Secara teknis, Misool berada di Kepulauan Raja Ampat tetapi layak disebutkan namanya tersendiri di tambah sedikit lebih jauh dari Scuba Diving di Raja Ampat. Terletak di pintu masuk maritim Seram sekitar pertengahan antara Teluk Triton dan Sorong.

Karang dan kehidupan maritim di Misool merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pastikan untuk Anda berenang di Danau Ubur-ubur dan dapatkan memen terbaik untuk Anda abadikan dalam kamera. 

5. Taman Nasional Komodo

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Salah satu Lokasi Scuba Diving Terbaik di Indonesia ialah di Taman Nasional Komodo. Disini Anda sanggup menyelam di pantai manapun di kawasan tersebut untuk menemukan karang yang bagus dan banyak sekali jenis kehidupan bawah maritim tropis yang mengesankan. 

Kehidupan maritim yang bermacam-macam yang sanggup Anda lihat di Taman Nasional Komodo menyaingi destinasi selam terbaik di dunia manapun. 

Scuba Diving Pulau Komodo hanyalah mimpi yang menjadi kenyataan. Mulai dari Mola-mola, Mantaray, lumba-lumba dan elang untuk kuda maritim kerdil, hiasan pipefish hantu, badut-badut, nudibranch dan gurita cincin biru semuanya ada disini diantara warna-warni terumbu karang. Semprotan laut, tunicata dan karang komodo ialah nirwana bagi penggila bawah laut.

6. Pulau Lombok

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Pulau Lombok telah menjadi sorotan banyak orang di seluruh dunia. Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali ini memperlihatkan terutama penggemar outdoor yang ingin menikmati hiking dan berselancar. Lombok mungkin bukan tujuan terkenal untuk penyelaman di Indonesia. Namun jikalau Anda menemukan tempat penyelaman di Lombok layak untuk Anda coba.

7. Alor

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA


Otoritas Pariwisata Indonesia ingin mempromosikan industri scuba diving dibeberapa lokasi kelas dunia mereka yang relatif belum banyak dikenal diseluruh negeri yang salah satunya ialah Scuba Diving di Alor.

Ada banyak spot scuba diving menarik di Alor, Kita akan melihat pusaran air yang sangat besar atau arus besar yang terlihat menyerupai sungai-sungai di lautan dan mereka ialah tempat paling menakjubkan untuk dilihat secara langsung.

Jika Anda beruntung, Di Alor, Anda sanggup berenang bersama dengan sekumpulan lumba-lumba atau paus pilot dipermukaan selama sekitar 20 menit.

8. Maumere

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Jika Anda mencari pengalaman ke pulau terpencil di Indonesia, Scuba Diving Maumere mungkin akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Maumere berada di bab tengah, timur tengah Pulau Flores, Komodo dan Labuan Bajo berada disisi barat pulau. Sehingga menempatkan Maumere berada tegak lurus di atas pulau timor.

Di Maumere dengan perairannya yang tenang, Anda banyak menemukan karang warna warni, ikan paus dan juga lumba-lumba.

Maumere terkenal alasannya ialah penyelaman yang bagus dan penyelaman dinding drop-off dan merupakan tempat yang unik bagi mereka yang mencari tempat yang kurang umum untuk menyelam di Indonesia.   

9. Lembada

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Bersama dengan Alor dan Maumere, Lembata ialah salah satu pulau yang paling jarang dikunjungi dan balasannya merupakan kawasan yang paling alami di Nusa Tenggara Timur. Ada banyak sekali gunung berapi tempat mendaki dan ada banyak budaya tradisional di wilayah ini untuk dinikmati dan tentunya tempat penyelaman yang luar biasa untuk Anda kunjungi. Makara nikmati situs penyelaman yang belum banyak tersentuh untuk diri Anda sendiri.

10. Selayar & Takabonerate

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Sulawesi Selatan bukanlah tempat yang gampang untuk dicapai. Tetapi tempat ini memperlihatkan Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia bagi mereka yang ingin meluangkan waktu untuk berkunjung. Selayar ialah kepulauan dari 73 pulau dan pintu gerbang menuju Taman Nasional Takabonerate. Takabonerate ialah atol karang terbesar ketiga di dunia dan memperlihatkan beberapa yang terbaik.

11. Pulau Weh

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Pulau Weh ialah sebuah pulau kecil di lepas pantai barat Pulau Sumatera yang mempunyai gunung berapi bawah maritim yang menarik, Di Pulau Weh, setidaknya ada dua puluh lokasi penyelaman yang cocok untuk semua level dan pengalaman. Jika Anda tidak punya banyak waktu di Pulau Weh, pastikan untuk mengunjungi Gunung Berapi Bawah Laut dan Canyon, Dua lokasi scuba diving terbaik di Pulau Weh.

12. Maratua, Derawan dan Sangalaki

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Maratua, Derawan dan Sangalaki, semua pulau di lepas pantai bab Indonesia di Pulau Kalimantan, Ketiga pulau ini relatif berdekatan tetapi memperlihatkan sesuatu yang sama sekali berbeda. Semuanya patut dikunjungi bagi siapapun yang tertarik dengan Lokasi Scuba Diving di Indonesia yang lebih terpencil untuk melihat beribu mahluk hebat.

13. Pulau Togean

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Scuba Diving di Indonesia menawarkan begitu banyak Lokasi Scuba Diving dengan pilihan yang berbeda. Semua orang tahu bahwa tempat-tempat menyerupai Bali mempunyai memiliki tempat-tempat penyelaman yang luar biasa, tetapi Togean tidak mendapat perhatian yang layak.

Kepualuan Togean ialah sekolopok pulau di Teluk Tomini yang terdiri sekitar 50 pulau yang beberapa pulau diantaranya mempunyai pantai berpasir putih dan yang lainnya mempunyai pantai berpasir hitam vulkanik, tetapi semuanya sangat indah.

Sebagian besar pulau mempunyai hutan tropis bebas yang berada bersahabat di bawah khatulistiwa yang mungkin Anda akan menemukan Kepiting Kelapa raksasa yang kadang kala dimakan oleh penduduk setempat.

Selain sebagai salah satu tempat penyelaman yang hebat, Togean juga sebagian besar mempunyai resort atau hotel selam yang memperlihatkan tur untuk mengunjungi desa-desa setempat menyerupai Bajo atau Gipsi Laut.

Walaupun mengunjungi Togean memerlukan banyak waktu, tetapi sepadan dengan perjalanan Pertama Anda harus melaksanakan penerbangan panjang ke Indonesia menuju Jakarta atau Bali. Untuk hingga ke Pulau Togean, Cara tercepat ialah dengan terbang ke Luwuk dilanjutkan naik taksi menuju Ampana. Dari sini Anda sanggup naik kapal feri menuju Wakai.  

14. Kepulauan Bangka dan Belitung

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepulauan Bangka dan Belitung ialah kelompok pulau di lepas pantai timur Sumatera yang sangat cocok untuk fotografer bawah maritim yang tertarik untuk memotret terumbu karang yang sehat dan banyak ikan yang lebih kecil. Disini Anda tidak akan bertemu dengan penyelam non-Indonesiadi lokasi yang kurang terkenal ini. Tetapi menyelam disini sangat spektakuler.

15. Gorontalo

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Gorontalo terletak disepanjang garis pantai Sulawesi. Terletak di garis khatulistiwa dan Anda bahkan akan melihat kurva bumi di sini. Gorontalo juga merupakan tempat yang terkenal bagi mereka yang tertarik dengan dunia bawah laut. Karena disini  banyak terdapat kehidupan maritim pelagis menyerupai paus dan hiu paus yang akan menjadi kesempatan terbaik untuk melihat para raksasa meskipun mereka juga ada ditempat lain.

16. Lembeh, Manado, Kepulauan Bunaken

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Pulau Sulawesi bab utara ialah tempat lain yang terkenal untuk fotografer bawah laut. Manado berada ditepi pulau utama. Sedangkan Lembeh dan Kepulauan Wakatobi ialah pulau-pulau kecil di lepas pantai. Daerah-daerah ini berada di sekitar Selat Lembeh yang terkenal dengan kekayaan keanekaragaman hayati 

17. Wakatobi

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Wakatobi dinobatkan sebagai salah satu Tujuan Selam Terbaik Di Dunia oleh Jaques Cousteau. Wakatobi sangat tinggi dalam daftar penyelaman terbaik di dunia. Daerah ini bekerjsama terdiri dari empat pulau utama dan paling terkenal untuk karang dan biota lautnya. Makara terbanglah kesini untuk melihat sesuatu yang indah di bawah maritim Wakatobi.

18. Kepulauan Banda

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepulauan Banda ialah pulau kecil yang sering dilewati oleh para penyelam untuk tempat menyelam yang lebih gampang untuk diakses. Tetapi bagi mereka yang mencari tempat terpencil dengan kelimpahan kehidupan maritim dan perairan yang sehat, Kepulauan Banda wajib Anda tuju. Anda bahkan sanggup menggabungkan Banda dengan Ambon dengan naik kapal feri dan Misool juga tidak terlalu jauh, alasannya ialah Anda berada di wilayah tersebut.

19. Ambon

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Ambon merupakan ibukota Maluku. Ambon dikenal sebagai pulau rempah-rempah terkenal di Indonesia. Lokasi penyelaman Indonesia ini sering dikombinasikan dengan Kepulauan Banda yang sanggup Anda kunjungi dengan memakai perahu. Ambon ialah satu-satunya tempat di dunia dimana Anda sanggup melihat frogfish psychedelic. Dan dikala seseorang melihat info ini, semua penyelam akan tiba kesini dari seluruh dunia.

20. Kepulauan Biak

 Indonesia ialah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia 20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepualuan Biak terletak di Teluk Cendrawasih, Papua Barat. Disini setidaknya ada 67 pulau dan yang terbesar ialah Pulau Biak yang masing-masing mempunyai pantai berpasir putih, perairan yang hangat dan jarak pandang yang sangat baik untuk Scuba Diving. Walaupun terumbu karang disini tidak sesehat di Raja Ampat, tetapi jikalau Anda ingin melaksanakan perjalanan jauh di Indonesia, Kepulauan Biak ialah tempatnya.

Bagi mereka yang ingin menyelam di Indonesia, Salah satu dari 20 Scuba Diving Terbaik Di Indonesia ini ialah keharusan. Tetapi pastikan Anda tetap disini lebih dari sekedar menyelam alasannya ialah juga Indonesia merupakan wilayah yang bagus untuk dijelajahi.


sumber: artofscubadiving.com

      

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel